Mitos dalam Cara Mengatasi Luka Bakar yang Harus Anda Tinggalkan!

 On Senin, 02 November 2015  

mitos cara mengobati luka bakar

Bagi kita yang hidup di Indonesia, khususnya tanah Jawa pasti banyak hal yang terkadang kita lakukan tanpa kita tahu alasannya. Seperti misalnya cara mengatasi luka bakar. Banyak diantara kita yang mungkin mengatasi luka bakar pertama kali dengan pasta gigi agar dingin. Meskipun tidak ada penjelasan ilmiahnya, kita tetap saja melakukan karena cara ini telah dilakukan oleh para pendahulu kita. Inilah yang dimaksud kita sering melakukan sesuatu tanpa tahu alasannya dan hanya mengikuti saja apa yang dilakukan orang-orang tua diatas kita.

Padahal faktanya, dengan mengoleskan pasta maka pada saat itu luka memang tak lagi terasa panas. Tapi setelahnya luka bisa melempuh dan menimbulkan bekas yang terlihat mengganggu. Sebelum mengetahui bagaimana mengatasi luka bakar, ada baiknya Anda mengenali pemicu dari luka bakar itu sendiri. Antara lain yaitu:

  • Karena api, termasuk dari barang-barang panas seperti setrika.
  • Karena bahan kimia, seperti air aki, cairan sulfat dan lainnya.
  • Karena cairan panas, bisa berupa air ataupun minyak.
  • Karena arus listrik, kesetrum misalnya.
  • Karena radiasi seperti terbakar sinar matahari.

Masing-masing pemicu diatas tentu bisa menyebabkan luka yang berbeda-beda tingkatnya. Seperti terbakar karena minyak, lukanya akan lebih parah daripada luka karena air panas. Namun demikian pada dasarnya tips menyembuhkan luka bakar ini sama, yaitu:

  1. Padamkan api jika masih ada api yang membakar bagian tubuh dengan cara berguling-guling di tanah
  2. Kemudian siram dengan air mengalir untuk membersihkan sisa-sisa penyebab kebakaran
  3. Kompres bagian yang terluka dengan bahan atau kain lembut sampai rasa perih dan panas menghilang
  4. Bersihkan sisa air dan luka dengan kain lembut kemudian tutuplah dengan kain kasa steril (selalu hindari kontak langsung dengan tangan)

Selanjutnya angkat bagian yang terkena luka khususnya jika di tangan dan kaki menjauh dari jantung. Hal ini untuk mencegah terjadinya syok karena cairan atas jaringan yang luka mengalir ke darah yang menuju ke jantung. Mitos lain dalam cara mengatasi luka bakar yang juga harus Anda tinggalkan adalah membersihkan luka dengan menggunakan alkohol karena hal ini bisa menyebabkan rusaknya jaringan lain di sekitar luka.
Mitos dalam Cara Mengatasi Luka Bakar yang Harus Anda Tinggalkan! 4.5 5 Unknown Senin, 02 November 2015 Bagi kita yang hidup di Indonesia, khususnya tanah Jawa pasti banyak hal yang terkadang kita lakukan tanpa kita tahu alasannya. Seperti ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar